Ada Apa di DCP part 1

kimkanuruhan, taman, unik, jahe, kota malang, kim, tumbuhan, lomba, park, cocor bebek, khasiat, kelurahan, potensi


Dinoyo Ceramic Park. Sebuah taman di lomba KIM Kota Malang yang digagas oleh KIM Kanuruhan Kelurahan Dinoyo Kota Malang. Berisi potensi yang selalu lekat dengan kata "Dinoyo", pastinya adalah keramik, serta beberapa tumbuhan lokal yang tumbuh subur di Kelurahan Dinoyo yang memiliki banyak khasiat, yang banyak dari kita mungkin tidak mengetahuinya. Perpaduan keramik dan tumbuhan lokal menjadikannya menjadi salah satu taman yang cukup unik dibandingkan dengan taman-taman dari kelurahan lainnya. Beberapa tanaman lokal yang berada di DCP adalah :
1)Cocor bebek
2)Jahe
3)Luntas
4)Pacar air
5)Pegagan
6)Puring
7)Selada
8)Serai


Cocor Bebek ( Kalanchoe Pinnata )

kimkanuruhan, taman, unik, jahe, kota malang, kim, tumbuhan, lomba, park, cocor bebek, khasiat, kelurahan, potensi


1. Mengobati Nyeri Lambung

    Cara pengobatannya : 
  • Ambilah 5 helai daun cocor bebek 
  • Haluskan dengan ditambah air secukupnya 
  • Tambahkan sedikit garam 
  • Saring jadi 2 gelas untuk diminum 

2. Mengobati Sakit Gigi

    Cara pengobatannya : 
  • Siapkan 4-6 helai daun cocor bebek 
  • Haluskan daun itu untuk ditempelkan di atas pipi gigi yang sakit 

3. Mengobati Keseleo

    Cara pengobatannya : 
  • Ambilah 10 helai daun cocor bebek, lalu lumatkan 
  • Tempelkan dibagian badan yang alami keseleo 
  • Diamkan sepanjang 30 menit 

4. Mengobati Wasir

    Cara pengobatannya : 
  • Tumbuklah hingga halus daun cocor bebek secukupnya 
  • Keringkan hingga sebagaimana bubuk teh 
  • Lalu, ambil 1 sdt bubuk itu lalu campur dengan 1 sdt madu 
  • Seduhlah dengan air panas 

5. Mengobati Amandel

    Cara pengobatannya : 
  • Ambilah 10 lembar daun cocor bebek 
  • Lalu, lumatkan hingga keluar airnya 
  • Tampung air yang keluar untuk berkumur 

6. Mengatasi Muntah Darah

    Cara pengobatannya :
  • Ambil tujuh lembar daun cocor bebek dilumatkan, tambahkan gula merah, tim serta minum pada saat hangat.

7. Menangani Radang Telinga Luar

    Cara pengobatannya :
  • Pakai air perasan daun cocor bebek sebagai obat tetes telinga.

8. Obat Bisul

    Cara pengobatannya :
  • Ambil 30–60 gr daun cocor bebek fresh serta dilumatkan, ambillah air lumatannya, tambahkan dengan madu serta diminum, bekas air lumatannya itu ditempelkan di bagian yang sakit.

9. Obat Kompres Demam

    Cara pengobatannya :
  • Jika anak-anak demam, lumatkan 2–4 helai daun cocor bebek, serta tempelkan di dahi/kepala sebagai kompres untuk turunkan panas. Airnya dapat pula dioleskan sebagai kompres tubuh.

10. Obat Herbal Penyakit Asma

     Cara pengobatannya :
  • Potong kecil-kecil daun cocor bebek, serta lalu keringkan. Sedu dengan air hangat serta imbuhkan madu seperlunya sebagaimana bila kita menjadikan air teh. Minum dengan cara teratur serta teratur untuk obati penyakit asma.

11. Obat Gigitan Nyamuk

     Cara pengobatannya :
  • Lumatkan 5–10 helai daun cocor bebek serta peras airnya. Pakai airnya sebagai pengoles luka gigitan nyamuk. Kerjakan pengolesan sehari-hari hingga sisa luka gigitan menghilang.

12. Obat Anti Bakteri

     Cara pengobatannya :
  • Daun cocor bebek bisa dipakai sebagai obat antibakteri. Luka memar serta luka terbuka (sebagaimana luka lantaran jatuh) bisa ditempel dengan daun cocor bebek yang telah dilumatkan. Ubah tiap-tiap sore sampai luka jadi kering.

13. Sendi Sakit (Rheumatik)

      Cara pengobatannya :
  • Semua tanaman sosor bebek seberat 30 gr di rebus, minum air atau 4 lembar daun sosor bebek, 1 sendok teh adas, 1 jari pulosari, 2 jari gula enau, serta 3 gelas air. Seluruhnya bahan di rebus hingga jadi 3/4-nya, setelah dingin disaring, diminum 3 x satu hari @ 3/4 gelas.

14. Obat Nyeri Kepala

      Cara pengobatannya :
  • Ambilah daun cocor bebek 10 lembar, lalu bersihkan yang bersih. Selepas itu giling hingga halus serta bubuhi air garam sekedarnya. Langkah memakainya yakni gosokan kombinasi itu pada dahi serta pelipis 1-2 kali satu hari sejumlah yang dibutuhkan. Atau Ambilah daun serta batang kangkung 1/2 genggam, daun cocor bebek 5 lembar. Selepas itu bersihkan bersih serta diasapkan sebentar. Makan sebagai lalap bersama sama juga dengan nasi 2-3 kali satu hari sejumlah yang dibutuhkan.

Yang harus diingat : 
  • Kelebihan dosis pada pemakaikan dapat beresiko pusing dan muntah-muntah. 
  • Jika dikonsumsi oleh wanita hamil dapat menyebabkan kematian pada janin. 
  • Dilarang konsumsi herbal ini untuk pasien masalah manfaat pencernaan. 
  • Untuk yang kulit peka sebaiknya waspada ketika memakainya lantaran dapat menyebabkan gatal serta melepuh. 


Jahe ( Zingiber Officinale )

kimkanuruhan, taman, unik, jahe, kota malang, kim, tumbuhan, lomba, park, cocor bebek, khasiat, kelurahan, potensi


1. Menurunkan berat badan

Di dalam tubuh jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah menjadi panas tubuh. Di lain sisi TOGA ini hanya menyumbang sedikit kalori sehingga tidak mempunyai andil besar untuk menaikkan berat badan.

2. Menjaga kondisi jantung

Jika tubuh menyimpan banyak kolesterol dan minyak yang merupakan susunan dari lemak nabati dan hewani dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Hubungannya dengan manfaat jahe karena di dalam tubuh memegang sebuah peran sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih dalam tubuh.

3. Mengatasi mabuk perjalanan

Dengan minum wedang jahe sebelum bepergian jauh dengan menaiki kendaraan roda empat dapat mencegah mabuk perjalanan karena sifat-nya sebagai anti-mual.

4. Mengatasi gangguan pencernaan

Gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan seperti kram dan rasa sakit yang timbul menjelang haid dapat ditepis dengan minum air jahe secara rutin.

5. Mengatasi morning sickness

Ibu hamil terkadang mengalami mual pagi atau istilah populernya morning sickness karena pencernaan sedikit terganggu. Untuk mengurangi rasa mual tersebut Anda bisa minum kopi atau wedang jahe yang hangat setiap kali merasakan mual ketika bangun tidur.

6. Mencegah kanker usus

Salah satu universitas yang terdapat di Amerika Serikat mengabarkan bahwa rutin konsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar jahe dapat mencegah penyakit kanker koloretal (usus besar).

7. Mengobati sakit kepala

Seharian bekerja dapat memicu stres berlebih yang berisiko terserang penyakit lain. Maka dari itu sepulang ngantor coba santai di taman sambil menikmati hangatnya wedang jahe dan roti bakar, otak jadi lebih fresh dan tubuh terasa nyaman.

8. Mengobati alergi

Manfaat jahe sebagai anti-alergi, sebab di dalamnya terdapat kandungan senyawa yang efektif dalam mengurangi rasa gatal akibat alergi sekaligus mengobatinya.

9. Menghilangkan mual dan mengobati masuk angin

Masalah pada pencernaan terkadang membuat perut jadi mual ingin muntah, kondisi demikian juga kerap terjadi pada seseorang yang mengalami demam (masuk angin). Sebagai pertolongan pertama jangan langsung gunakan obat warung, cobalah minum air seduhan rimpang jahe agar lambung menjadi nyaman dan perut terhindar dari masalah seperti kram.

10. Mengobati penyakit rematik

Caranya dengan membakar dua rimpang jahe di atas api panas atau bara. Setelah itu tumbuk sampai halus, terakhir Anda aplikasikan pada bagian tubuh yang terkena rematik. Itulah manfaat jahe untuk mengobati rematik.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tubuh akan kebal dari serangan penyakit, caranya dengan meningkatkan sistem dalam tubuh yang sering disebut imun atau imunitas. Jika antiobodi (imun) dalam tubuh kuat, maka bakteri yang mungkin menyerang dapat ditangkal. Untuk menambah sistem ketahanan tubuh Anda bisa mengambil minum wedang jahe secara teratur, manfaat jahe yang satu ini terbantu dengan sifat sebagai antioksidan.



Luntas ( Pluchea Indica )

kimkanuruhan, taman, unik, jahe, kota malang, kim, tumbuhan, lomba, park, cocor bebek, khasiat, kelurahan, potensi



1. Mengurangi Pegal Linu

Khasiat daun beluntas ternyata juga dapat digunakan untuk mengurangi pegal linu pada tubuh. Pegal linu yang sering terjadi, pastinya akan sangat menyiksa diri. Apabila mengalami masalah pegal linu ini, maka sebaiknya meminum rebusan daun beluntas sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

2. Menghilangkan Bau Badan

Bau badan tentu merupakan masalah sangat mengganggu, terutama untuk kehidupan sosial. Baik para wanita atau pria, pasti akan sangat tidak percaya diri disaat mengalami masalah bau badan. Mulai sekarang tak perlu khawatir karena daun beluntas dapat menjadi solusi permasalahan ini. Minum secara rutin air rebusan daun beluntas, maka bau badan yang terjadi pada diri dapat teratasi. Bahan herbal lain yang juga mampu mengatasi bau badan ini seperti : 
  • sirih 
  • ampas kopi 

3. Menghilangkan Keputihan

Daun beluntas yang biasa dikenal sebagai sebuah tanaman liar ini, banyak digunakan untuk mengobati keputihan yang biasa dialami oleh para wanita. Daun beluntas pun dapat membuat keputihan ini menjadi berhenti total dalam tempo yang cukup singkat. Selain daun beluntas, kunyit putih juga dapat digunakan untuk menangani keputihan.

Kegunaan lain dari daun beluntas yang sangat berguna untuk kaum wanita ialah karena khasiatnya yang dapat membuat nyeri haid yang biasa terjadi menjadi berkurang.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Permasalahan bau mulut pun dapat menjadi kendala, terutama bagi yang kerap kali bercakap-cakap dengan orang lain. Apabila mengalami permasalahan ini, maka disarankan untuk meminum air daun beluntas atau gunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi bau mulut ini. Sejumlah buah-buahan juga baik dikonsumsi untuk mengurangi bau mulut seperti: 
  • strawberry 
  • buah jeruk 
  • buah anggur 

5. Mengobati Nyeri Pinggang

Banyak orang yang sering mengalami nyeri pinggang. Hal ini akan sangat mengganggu kehidupan, jika terus-menerus terjadi. Rebusan daun beluntas memiliki khasiat penghilang rasa nyeri terutama pada daerah pinggang ini. Pada beberapa orang, sakit pinggul akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan cara mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi rebusan daun beluntas secara teratur. Selain itu, air putih juga akan membantu mengurangi resiko sakit pinggang yang bisa terjadi.

6. Mengatasi Rematik

Bagi para orang tua yang mengalami permasalahan rematik, dapat mencoba mengkonsumsi ramuan daun beluntas. Khasiatnya dapat menghilangkan berbagai macam nyeri, ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati rematik.

7. Mengatasi Perut Kembung

Daun beluntas ternyata juga dapat menjadi solusi ketika mengalami perut kembung, sehingga rasa tidak nyaman akibat perut kembung ini dapat segera menghilang dengan meminum rebusan daun beluntas.

Untuk mendapatkan daun beluntas ini, sebenarnya dapat ditemui dengan mudah pada kawasan yang tak jauh dari pantai. Daun beluntas terdapat di kawasan tersebut dan hidup dengan liar, meskipun hanya tumbuh liar di alam bebas, namun tidak perlu meragukan manfaat daun beluntas ini. Konsumsi daun beluntas secara rutin hingga keluhan yang dirasakan dapat berkurang. Namun diperlukan pula pengawasan dokter saat mengkonsumsi ramuan tradisional ini.






Bersambung ........



















Previous
Next Post »