Jurnalistik & Fotografi


Selasa, 29 Oktober 2019 Workshop Jurnalistik dan Fotografi, yang di selenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang bertempat di Hotel Trio Indah 2 Kota Malang. Materi pertama "Jadi Jurnalis Itu Gampang" disampaikan oleh Muhaimin, S.Sos dari Wartawan Malang Post. Materi kedua disampaikan oleh Anis Novia Hidayat dari Pewarta Foto Indonesia dengan tema "Foto Jurnalistik". Dalam kegiatan ini hadir kurang lebih 100 orang yg merupakan perwakilan anggota KIM seluruh Kota Malang.

Kondisi informasi saat ini seperti tsunami informasi, banyaknya informasi yg beredar dengan cepat dan masif, kadang tidak kita sadari menerima informasi Hoax dan ikut menyebarkan tanpa mengkroscek kebenaran terlebih dulu. Maka hadirnya KIM sebagai media jurnalisme untuk menjadikan masyarakat informatif, pandai memilah informasi yg benar. Perlu dipahami etika dalam menulis berita yg baik dan benar

6 Etika Citizen Jurnalisme :

- Tidak menyebarkan berita bohong
- Tidak mencemarkan nama baik
- Tidak memicu konflik SARA
- Tidak memuat konten pornografi
- Tidak menebar kebencian
- Tidak menyajikan kabar Hoax



Dalam jurnalistik selain pentingnya isi berita, foto-foto yg disajikan juga harus mengandung unsur jurnalistik, maka perlu belajar fotografi yg bisa menyampaikan isi berita. seperti yg disampaikan oleh Anis Novia Hidayat ... "Fotografi ada cara mengkomunikasikan ide/gagasan menjadi sebuah berita, dilengkapi dengan caption atau keterangan foto". Foto sama dengan media komunikasi, Foto tanpa teks (caption) akan menimbulkan banyak pemaknaan atau multi interpretasi. Caption mempermudah pembaca memahami pesan atau informasi.

4 Fugsi Foto Jurnalistik
- Foto jurnalistik sebagai alat untuk menyampaikan informasi, pengetahuan dan hiburan
- Foto jurnalistik sebagai pengganti berita tulis artinya foto jurnalistik



#kimmalanghebat
@malangkimkota

Previous
Next Post »