Potensi Wisata di Kelurahan Dinoyo, Kota Malang



kimkanuruhan.com - Kota Malang merupakan kota yang banyak akan objek wisata di dalamnya dan menjadi salah satu kota yang menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur di Jawa Timur. Kota Malang tidak hanya terkenal dengan wisata alam dan buatannya, namun ada juga kerajinan tangan yang sudah cukup terkenal di Malang, yaitu di Kelurahan Dinoyo. Kerajinan yang sampai saat ini masih diproduksi di Kelurahan Dinoyo yaitu Kerajinan Keramik dan menjadi pusat kerajinan keramik terbesar di Kota Malang. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai potensi wisata di Kelurahan Dinoyo dengan memperhatikan lagi pengembangannya serta upaya menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kampoeng Wisata Keramik Dinoyo.




Pada mulanya, kerajinan keramik di Kelurahan Dinoyo menggunakan bahan baku tanah liat, namun semakin lama, bahan bakunya berganti menjadi porselen dan menciptakan berbagai ragam motif dan variasi, mulai dari peralatan rumah tangga hingga hiasan dinding dengan kualitas yang sama bagusnya. Sejarah berdirinya Kampoeng Keramik ini bermula saat masyarakat sekitar sering membuat gerabah untuk kebutuhan sehari-hari. Kemudian datanglah pengaruh keramik cina ke nusantara dan mulai saat itu masyarakat lokal berinisiatif untuk menggabungkan kedua kerajinan tersebut, yakni kerajinan lokal dengan kerajinan dari cina. Produksi kerajinan keramik tersebut terus dilakukan oleh masyarakat sekitar sehingga menjadi industry kampoeng keramik sentra kota seperti saat ini. Produksi kerajinan kerajinan keeramik tersebut dapat mendatangkan manfaat bagi para masyarakat sekitar, baik dari segi ekonomi yang menambah pendapatan, maupun dari segi social budaya yang tentunya melestarikan budaya Indonesia.





Masyarakat di Kelurahan Dinoyo seharusnya sudah menetapkan Kampoeng Keramik sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Malang. Banyak atraksi yang dapat dijual untuk menarik minat wisatawan antara lain, menawarkan wisata edukasi terkait pembuatan kerajinan keramik. Wisatawan yang berkunjung diberikan pembelajaran bagaimana cara membuat kerajinan keramik yang baik dan benar, apa saja bahan bakunya,  bagaimana proses pewarnaannya, dll. Atraksi tersebut tentunya harus melibatkan langsung antara wisatawan dengan para pengrajin keramik agar mereka dapat lebih memahami proses pembuatan kerajinan keramik secara langsung. Selain itu, hasilnya kerajinan tersebut dapat dibawa pulang oleh wisatawan sebagai oleh-oleh dan bukti bahwa pernah mengunjungi Kampoeng Keramik di Kelurahan Dinoyo. Hal tersebut juga bertujuan untuk melestarikan budaya Nusantara, serta menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan karena keunikannya, serta dapat mempromosikan produksi kerajinan keramik di Kelurahan Dinoyo agar semakin dikenal oleh banyak orang.





Kampung Wisata Keramik Dinoyo menjadi pusat tujuan wisata belanja cindera mata di Kota Malang. Namun, sekitar 3 tahun terakhir ini, keberadaan kerajinan keramik dinoyo mulai memudar dimata masyarakat karena jenis produksinya yang cenderung statis serta strategi promosinya yang kurang maksimal. Sehingga diperlukan upaya lagi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan salah satunya dengan cara rebranding yang dilakukan dengan pembaharuan cara promosi serta pembuatan produk baru yang mengikuti tren zaman sekarang tetapi tetap menonjolkan unsur kebudayaan yang sudah menjadi ciri khas produksi kerajinan keramik Dinoyo. Media promosi bisa berupa melalui media social seperti Instagram, twitter, facebook, whattsup, dll. Atau bisa juga dengan mencetak brosur, catalog produk, serta mendesain suatu monument sebagai ikon kampong wisata keramik dan menambah daya Tarik wisatawan.





Peran pemerintah serta Dinas Pariwisata Kota Malang sangat diperlukan dalam hal pengembangan serta promosi Kampong Wisata Keramik Dinoyo. Pemerintah dan masyarakat sekitar dapat bekerja sama untuk membuat suatu kelompok atau paguyuban untuk menampung aspirasi dan mendapatkan informasi lebih mengenai cara pengembangan, pembangunan, dan promosi di kampong wisata keramik dinoyo. Selain itu, upaya lain yang dapat dilakukan pemerintah adalah dengan menyediakan sarana dan prasarana yang lebih memadai, memanfaatkan jaringan yang dimiliki untuk melakukan promosi serta menyubangkan dana untuk mengoptimalkan pembangunan atau perbaikan kualitas di Kampung Wisata Keramik di Kelurahan Dinoyo.





Strategi komunikasi pemasaran juga menjadi factor penting dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kampung Wisata Keramik Dinoyo. Strategi tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan cara komunkasi yang baik kepada para wisawawan dengan mengedepankan kualitas pelayanan juga. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga hubungan yang baik antara pihak pengelola dengan para wisatawan, sehingga para wisatawan pun merasa puas ketika berkunjung di Kampung Keramik  Dinoyo. Mereka mendapatkan pelayan yang baik, komunikasi yang lancar dan mudah dipahami, serta mendapatkan ilmu baru terkait cara pembuatan kerajinan keramik yang baik dan benar. Dari kepuasan tersebut, wisatawan diharapkan membagi pengalaman mereka kepada keluarga, saudara, atau teman-temannya, atau bisa membagikan pengalaman mereka di media social sehingga keberadaan Kampung Wisata Keramik Dinoyo di Kota Malang semakin tersebar luas dan dikenal oleh banyak masyarakat.



Powered by : www.kimkanuruhan.com/p/travel-malang-yogjakarta.html Travel Malang Jogja PP

Newest
Previous
Next Post »